jump to navigation

Aprilia Motogp : Setelah Pneumatic Valve, Aprilia Kini Mulai Garap SSG 9 Desember 2014

Posted by Ms Dhukha in MotoGP.
trackback

Marco Melandri - Aprillia MotoGP

Marco Melandri – Aprilia MotoGP

Setelah sukses mengerjakan klep bertekanan udara atau pneumatic, Aprilia sedang fokus ke teknologi girboks. Pneumatik telah diuji pada test Jerez lalu. Sedang girboks tentu saja dengan seamless shift gearbox (SSG). Alat ini sedang populer lantaran terbukti menghilangkan jeda antara power mesin yang dipindahkan ke girboks ketika ganti gigi. Dua ajian ini dikebut agar Aprilia sanggup melakukan perlawanan pada MotoGP musim 2016.

Soal SSG dikatakan oleh bos Aprilia Romano Albesiano. Sebelumnya dia memuji para insinyur racing Aprilia pada penggunaan pneumatic valve. Sayangnya, ia tak bisa pastikan kapan SSG-nya dipakai Alvaro Bautista dan Marco Melandri. Yang jelas, peranti yang awalnya dianggap nol jeda tapi belakangan tetap ada toleransi 0.003 detik saat pindah gigi itu, belum akan dipakai pada tes Sepang maupun seri pembuka 2015 di Losail, Qatar.

“Saat ini kami belum pakai SSG, tapi sudah mengujinya. Saya tak tahu kapan bisa dipakai secara utuh. Itu sangat bergantung pada hasil tes. Jika semuanya oke, mungkin saja digunakan sejak awal kompetisi,” katanya.

SSG bukan hanya soal tanpa jeda di saat pindah gigi, tapi juga membuat modul antar gigi berlangsung halus. Karena diprediksi selain main-shaft dan counter-shaft yang memegang rasio gigi, ada juga batang as lain yang bergigi sebagai pentransfer putaran agar tidak terputus power yang sedang berlangsung. Kira-kira seperti itulah. Pengaruhnya pada konsisten setiap lap, terutama pada sirkuit yang banyak pakai gigi rendah. Tim-tim macam Aprilia dan Suzuki yang baru masuk ke MotoGP, memang harus mengikuti perkembangan ini. Itu bila ingin bersaing dengan Honda dan Yamaha yang telah matang teknologi SSG-nya. Bahkan Ducati pun sudah lama menggunakannya lebih dulu dari Yamaha.

“Kami sangat serius menggarap teknologi ini meski tak bisa memberi garansi kapan diluncurkan,” tambah Albesiano.

Berarti sudah ada, tapi belum beres. Tapi diyakini akan segera muncul, karena referensi SSG sudah ada dari tiga merek yang disebut tadi. Lebih mudalah buat yang belakangan ikut.

Sumber : Andro-maniakmotor.

Komentar»

1. potretbikers - 9 Desember 2014
Ms Dhukha - 9 Desember 2014

Ya begitulah…

Suka

2. REC*303 - 10 Desember 2014

Bagaimana pun juga Honda tetap lebih unggul

Suka

Ms Dhukha - 10 Desember 2014

Iklan nih….😀

Suka


Silahkan Komentar, Mohon Maaf Kalo Tidak Sempat Dibalas

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: