jump to navigation

Penampakan Kawat Throttle di Motor Marquez 17 Juni 2014

Posted by Ms Dhukha in MotoGP.
trackback

RCV Marc

Berita dari GPone, Valentino Rossi kembali mengungkapkan tentang penampakan sebuah kawat aneh pada gas di motor Marc Marquez. Rossi selalu update terus tentang sepak terjang HRC. Seperti tahun kemarin ketika Honda menggunakan tuas aneh juga Rossi pun langsung merespon, dan coba menerapkannya di Yamaha. Nah, kali ini sebuah kawat throttle aneh di motor Marquez yang berbeda dari motor-motor lainnya bahkan motor rekan setimnya sendiri Dani Pedrosa. Terlihat hanya ada satu kawat elektronik pada motor Marc, sedangkan pada motor lain ada 2 kawat.

Menurut Rossi kawat tersebut adalah kawat elektronik untuk mengatur kontrol penuh elektronik pada throttle. Sehingga meminimalisir kesalahan pembalap ketika membetot throttle. Tentu ini bertentangan dengan misi Rossi untuk mengurangi jumlah perangkat elektronik dalam balapan. “Saya ingin elektronik dikurangi, karena itu tidak akan mengubah respek nilai dari pembalap terkuat itu tapi kita akan memiliki race yang lebih spektakuler, dengan sedikit kesalahan pembalap dan perubahan ritme balapan. Hal-hal yang tidak terjadi lagi sekarang ini.”

Ya, karena tugas elektronik adalah untuk meminimalkan kesalahan yang tanpa sengaja dilakukan pembalap. Untuk memungkinkan pembalap untuk menjagakecepatan secepat mungkin, bersih dari semua kesalahan kecil yang dapat mempengaruhi laptime. Dan tentu juga sisi keamanan, karena Traction Control dan sistem terkait, dalam keadaan tertentu, benar-benar membantu untuk mencegah kecelakaan. Itu sebabnya semua Pabrikan, tanpa terkecuali, enggan untuk menerima pembatasan pada penggunaan elektronik, sehingga dapat mentransfer teknologi untuk produksi mesin mereka yang merupakan salah satu tujuan utama mereka.

Nampaknya hal ini yang bikin repot, disatu sisi semua menginginkan balapan yang safety, namun kurang menarik karena pembalap jarang melakukan kesalahan, tetapi disisi lain juga banyak yang ingin balapan menarik saling salip namun agak beresiko, seperti yang pernah saya tulis disini.

Meskipun sebenarnya semua pembalap menggunakan sistem yang sama, terlihat ketika di pit line throttle milik Marquez berbeda dengan lainnya. Berbeda dan lebih canggih tentunya. Hanya ada satu kabel sebagai kontrol penuh terhadap throttle. Bedanya dengan yang dua kabel sebenarnya adalah pada feeling pembalap. Jika menggunakan throttle elektronik ini maka semua manajemen throttle diatur oleh komputer sehingga sangat minim pembalap melakukan kesalahan saat membetot throttle.

Berbeda dengan yang dua kabel, maka manajemen throttle lebih banyak menggunakan feeling pembalap. 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Silahkan Komentar, Mohon Maaf Kalo Tidak Sempat Dibalas

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: