jump to navigation

Perang Dingin Antara Honda vs Pembalapnya di Kelas Open 13 Februari 2014

Posted by Ms Dhukha in MotoGP.
trackback

Aleix Espargaro

Aleix Espargaro – FTR Yamaha

Musim balap MotoGP 2014 belum dimulai, tapi para pembalap Honda di kelas open MotoGP mulai gerah. Hal ini dipicu performa ciamik Aleix Espargaro yang menunggangi FTR-Yamaha dalam tes resmi pertama di Sirkuit Sepang, Malaysia, minggu lalu. Catatan waktunya masuk urutan 4 besar di bawah pembalap pabrikan Marquez, Rossi, dan Lorenzo. Bahkan Valentino Rossi pun kagum dan sempat terkejut dengan performa Aleix Espargaro.

Dengan catatan waktu tersebut, Espargaro meninggalkan jauh pembalap lain di kelas open. Nicky Hayden yang tahun ini bergabung di tim Aspar menggunakan Honda RCV1000R production racer, catatan waktunya terpaut sekitar 1,5 detik dan hanya menduduki pos ke-13. Beda jauh ini membuat si “Kentucy Kid” meradang.

”Sangat keras perjuangan dalam tes pertama. Saya tidak menduga akan seberat ini, dan saya menginginkan lebih kompetitif. Tim sudah melakukan improvisasi, terutama pengereman dan kestabilan ketika masuk tikungan. Tapi kami tetap belum kompetitif,” ujar Hayden.

Pernyataan itu bukan ditujukan pada tim, tetapi pada HRC yang menyediakan paket mesin versi produksi untuk kelas open. Tak hanya Hayden, rekan setimnya Hiroshi Aoyama juga melayangkan protes. Scott Reding, yang tahun ini naik kelas dengan bergabung tim Go&Fun Honda Gresini pun sama!

Nicky Hayden vs Nakamoto

Nicky Hayden vs Nakamoto

Shuhei Nakamoto selaku Bos HRC, mengakui motor RCV1000R memang sulit untuk dikendarai. Jadi para pembalap harus lebih sabar untuk lebih mengetahui karakter dari mesin Honda RCV1000R. “Gapnya memang sangat jauh, sejujurnya, motor Honda memang tak mudah dikendarai. Para pembalap masih membutukan banyak waktu untuk lebih memahami karakter mesin kami. Kami yakin mereka akan tampil baik dengan motor itu.” Ujar Nakamoto.

“Honda tidak pernah berhenti mengembangkan motor. Tidak hanya mesin Pabrikan, jika kita menemukan sesuatu yang lebih baik, kami akan segera menawarkan ke semua tim tapi kita meminta mereka untuk bayar biaya tambahan.” Dia juga menegaskan tentang filosofi berbeda yang diambil Honda dan Yamaha untuk menyediakan mesin kelas open.

”Saya tidak tahu detail, tapi sepertinya mesin Yamaha (M1) di kelas open adalah mesin kelas factory tahun lalu. Dan ini memang diperbolehkan. Pendekatan kami berbeda, dengan mengembangkan mesin baru. Kalau Honda mengobral mesin kelas factory tahun lalu plus paket ECU, statusnya hanya sewa, bukan dibeli, karena sangat confidential,” tegas Nakamoto.

Jawaban Nakamoto kembali direspon Hayden. ”Tentu kami harus menyesuaikan diri, seperti ketika saya di Ducati. Tapi tidak butuh setahun untuk hanya mengingat bagaimana membuka gas di trek lurus,” sindirnya. Keluhan umum yang dijelaskan Hayden, lemahnya tenaga di gigi 4 ke atas. Lalu, ketika rpm turun dan melalui tikungan lambat, mesin terasa ngos-ngosan. ”Saya tahu kalau diadu mesinnya saja tidak mungkin sampai dua detik (beda dengan pembalap atas), jadi saya memang harus melakukan bagian tugas saya, lalu duduk bersama HRC untuk bicara,” papar Hayden.

Komentar»

1. aripitstop - 13 Februari 2014

rame nich

Suka

Ms Dhukha - 13 Februari 2014

seru…

Suka

2. irza4627 - 13 Februari 2014
Ms Dhukha - 13 Februari 2014

Hehehe….

Suka

3. fncounter - 13 Februari 2014

Menunggu open class berbicara

Suka

Ms Dhukha - 13 Februari 2014

yup…

Suka

4. hulssay - 13 Februari 2014
Ms Dhukha - 14 Februari 2014

Imut-imut….😀

Suka

5. agoey - 13 Februari 2014

yah motor spec down mau gimana lagi? mau nampah pneumatic klep dan SSG..? wani piroooo..:mrgreen:

Suka

Ms Dhukha - 13 Februari 2014

Ya betul, hehehe…

Suka

6. Mas Sayur - 13 Februari 2014

sabar ada batasnya ,Pak Sukhei.. 😉

Suka

Ms Dhukha - 14 Februari 2014

Iya, orang sabar itu ngenes… hehehe…

Suka

7. arsyadkafabih - 14 Februari 2014

Wani piro ??????? Sakit broo ! ♡hϱ♡hϱ♡hϱ(◦’⌣’◦ ) kacian hayden

Suka

Ms Dhukha - 14 Februari 2014

Hehehehe…

Suka


Silahkan Komentar, Mohon Maaf Kalo Tidak Sempat Dibalas

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: