jump to navigation

Lin Jarvis : Rossi Sendiri Yang Ganti Burgess & Pakai M1 Baru 3 Desember 2013

Posted by Ms Dhukha in MotoGP.
trackback

Lin-Jarvis

Digantinya kepala mekanik Valentino Rossi, Jeremy Burgess adalah keinginan Rossi sendiri. Sedangkan dugaan sebelumnya adalah adanya andil besar Yamaha Factory Racing (YFR) mendepaknya. Hal tersebut terjawab lewat Lin Jarvis, managing director YFR. Jarvis di sesi yang sama juga cerita program M1 2014.

Banyak yang dipaparkan Jarvis ini, tapi yang menarik tentu saja progress M1 dan posisi Burgess yang telah 14 tahun bersama Rossi, tiba-tiba dipensiunkan. Baru kali ini penyataan resmi dari YFR dari sejak diumumkan Rossi berpisah dengan Burgess jelang balap Valencia. “Ini bagian dari strategi Valentino. Ia ingin penyegaran untuk tantangan musim depan,” kata Jarvis.

Jarvis pun ‘terpaksa’ menyambut kepala mekanik baru yaitu Silvano Galbusera, karena keinginan Rossi untuk motivasinya. Maka, Jarvis mengucapkan selamat datang buat Pak Galbu dan bye-bye buat Opa Burgess sembari ucapkan terima kasih. Ya, seperti itu Jarvis menyambut dan melepas para ahli setting motor di lintasan tersebut.

Hanya itu yang bisa dibeberkan mengenai pergantian Burgess. Selebihnya dari wawancara tersebut, terdeteksi lagi progress Yamaha M1 ke depan. Katanya ia tak perlu memberitahukan secara detil model M1 2014. Tapi dari omongannya terjadi penyegaran sukucadang besar-besaran, namun masih butuh pengembangan dalam testing ke depan beberapa komponen.

Walau tidak diceritakan Jarvis, motor itu pasti All New M1 2014. Kan menyesuaikan aturan baru tahun depan terutama soal ECU. Paling utama lagi hanya boleh membawa bahan bakar 20 liter atau berkurang 1 liter dari aturan sebelumnya. Dalam konstruksi mesin dan lain-lain yang ada di sana namanya elektronik dan kabarnya seamless shift gearbox yang kembali ditingkatkan kinerjanya oleh YFR.

“Di test pertama Valencia, kami menguji banyak item yang berbeda. Misalnya sasis, elektronik, dan mesin itu sendiri. Bagian-bagian ini akan terus disesuaikan lewat perubahan sedikit-sedikit pada test selanjutnya di Sepang, akhir Januari 2014,” kata Jarvis yang hanya tersenyum diminta menjelaskan bagian per bagian lebih rinci. Sayang juga, Om Jarvis tidak sebut solusi rem yang sepanjang 2013 yang dikeluhkan Rossi.

Selebihnya ia bercerita soal 2013 yang Lorenzo hanya kalah sikit dari Marc Marquez, tapi tetap saja hanya runner-up. Ke depan ia bilang si Marc tetap target yang harus dilawan pembalapnya.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Silahkan Komentar, Mohon Maaf Kalo Tidak Sempat Dibalas

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: