jump to navigation

Mesin Prototipe Yamaha Untuk Tim Privater (CRT) di MotoGP 30 Mei 2013

Posted by Ms Dhukha in MotoGP.
trackback

Yamaha-yzr-m1-20

Mesin yang dikeluarkan oleh Yamaha untuk tim-tim privater (CRT) musim depan tidak sepenuhnya menggunakan fasilitas istimewa yang selama ini didapat olejh tim-tim CRT. Karena, mesin tersebut dibuat sangat mirip dengan mesin YZR-M1 milik Cal Crutchlow atau Bradley Smith yang merupakan motor prototipe.

Saat ini ada 12 pembalap tim CRT dan 12 pembalap prototipe. Namun performa tim CRT benar-benar tertinggal jauh dari prototipe sehingga diberi beberapa fasilitas istimewa untuk mengurangi jarak di antara keduanya. Fasilitas tersebut diantaranya adalah penggunaan 12 mesin dalam setahun sedangkan untuk motor prototipe hanya 4 buah mesin per musim. Penggunaan bahan bakar 24 liter saat balapan sedangkan untuk motor protipe hanya 20 liter.

Untuk semakin memperkecil jarak, pihak penyelenggara MotoGP meminta agar Honda dan Yamaha menjual mesin mereka dengan harga yang murah kepada tim CRT agar bisa mendongkrak performanya. Dan permintaan tersebut sama-sama dipenuhi oleh Yamaha dan Honda.

Hanya saja, Yamaha dan Honda memberikan solusi melalui jalan yang berbeda. Honda menjual mesin dan sasis RC213 dengan spek yang lebih murah, yang menurut beberapa sumber mesin yang disediakan tanpa dilengkapi teknologi SSG (seamless shift gearbox) dan katup pneumatic seperti yang digunakan oleh dua pembalap andalan mereka Dani Pedrosa dan Marc Marquez. Sedangkan Yamaha hanya memberikan mesinnya saja (tanpa sasis). Namun spesifikasi mesin yang ditawarkan lebih memiliki banyak kemiripan dengan motor prototipenya dibandingkan mesin yang dijual Honda.

Dengan demikian, Yamaha hanya akan memberikan 5 (dari 12 yang diperbolehkan) mesin kepada tim CRT dan menggunakan ECU full standar keluaran MotoGP.

Mesin bisa disewa oleh tim yang telah menyetujui Perjanjian Kontrak dengan Yamaha. Keputusan ini berkaitan dengan tim yang akan dipilih dan diputuskan melalui perundingan antara Dorna dan Yamaha.

Spesifikasi mesin sangat mirip dengan milik tim Monster Yamaha Tech 3 yang menjadi alasan mengapa mesin ini akan disewakan, bukan dijual. dan segala properti dari mesin tersebut tetap menjadi milik Yamaha. Meski pengguna mesin ini nantinya hanya mendapat jatah lima mesin per musim dan ECU full standar, namun akan tetap menggunakan 24 liter bahan bakar saat balapan (salah satu fasilitas istimewa CRT).

Jadi mesin yang akan disewakan oleh Yamaha selama setahun dengan harga 20.000 Euro (sekitar 250 juta rupiah) tersebut tidak dapat diklaim sebagai milik dari tim penyewa. Di akhir tahun, Yamaha bisa saja mengambil kembali mesin tersebut.

Yamaha juga telah melakukan tes terhadap mesin ini di Motegi bersama-sama dengan Honda dan Suzuki. Di sesi tes tak resmi tersebut Yamaha mengandalkan kedua pembalap testernya, Katsuyuki Nakasuga dan Wataru Yoshikawa.

Komentar»

1. sun - 30 Mei 2013

Mesin yang dikeluarkan oleh Yamaha untuk tim-tim privater (CRT) musim depan tidak sepenuhnya menggunakan fasilitas istimewa yang selama ini didapat olejh tim-tim CRT. Karena, mesin tersebut dibuat sangat mirip dengan mesin YZR-M1 milik Cal Crutchlow atau Bradley Smith yang merupakan motor prototipe.

————————————————

gimana toh ??
tidak sepenuhnya istimewa ?
kalo dapet mesin prototype bukannya justru lebih istimewa di bandingkan tim2 crt yg sebelumnya

Suka

Ms Dhukha - 30 Mei 2013

maksudnya regulasinya mas bro… kalo tim CRT dapat jatah mesin lebih banyak daripada tim yang menggunakan mesin prototipe….

Suka

2. Erit07 - 30 Mei 2013

Cukup mahal ya….

Suka

Ms Dhukha - 30 Mei 2013

hahaha…. yg full lebih mahal lagi..

Suka

3. tomcat - 30 Mei 2013

ayo yimm berani modalin ga bwt donita,biar g dpt poin yg pnting nama indonesia ada d kelas premier

Suka


Silahkan Komentar, Mohon Maaf Kalo Tidak Sempat Dibalas

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: